Gempa Bumi Magnitudo 7,5 SR Papua Nugini, Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Tsunami Papua Nugini
Ilustrasi Gempa Bumi Tsunami Papua Nugini [google]
Gempa Bumi Magnitudo 7,5 SR Papua Nugini, Berpotensi Tsunami : Gempa bumi  7, 5 magnitudo mengguncang daerah Britain Baru, Papua Nugini, Selasa, 5 Mei 2015. Menurut Tubuh Geologi Amerika Serikat, USGS, gempa itu menyebabkan peringatan tsunami sampai 300 km. dari titik gempa bumi.

Dikutip tempo.co, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) juga dalam pesannya menulis, “Gempa bumi dengan kemampuan awal 7, 5 magnitudo itu berlangsung di lokasi New Britain, Papua Nugini, Selasa, 5 Mei 2015, jam 11. 44 saat setempat. ”

Menurut analisa PTWC, berdasar pada parameter gempa awal, Berpotensi gelombang tsunami mungkin saja bakal berlangsung di daerah pantai yang terdapat dalam jarak 300 km dari pusat gempa bumi. " Gelombang tsunami meraih 0, 3-1 mtr. diatas permukaan air kemungkinan berlangsung di sebagian pantai di Papua Nugini, 'catat PTWC.

Chris McKee, Asisten Direktur Observatorium Geofisika di Port Moresby, menyampaikan hingga detik ini belum ada laporan ada gelombang tsunami yang tampak. Laporan perihal rusaknya yang berlangsung disebabkan gempa juga belum ada.

 " Gempa itu berlangsung di lepas pantai serta daerah seputar yang tidak banyak penduduk, 'tutur McKee.

Pusat Bencana Nasional juga belum terima kabar kerusakan. Menurut Direktur Observatorium Geofisika Port Moresby Martin Mose, pihaknya sudah kirim pesan ke daerah di desa-desa selama pantai untuk mengambil aksi pencegahan ekstra dalam masalah tsunami yang mungkin saja diakibatkan.

Gempa Selasa itu dilaporkan berlangsung di ruang yang sama juga dengan dua gempa bumi yang mengguncang Papua Nugini minggu lantas. Waktu itu tidak satu juga dari gempa mengakibatkan rusaknya atau tsunami. tetapi itu sedikit lebih rendah kekuatannya di banding yang berlangsung pada Selasa.

Papua Nugini terdapat di daerah Cincin Api, busur kekeliruan seismik di seputar Samudra Pasifik dimana gempa bumi kerap berlangsung.

Berita terbaru lainnya :