Goliat Tabuni Jenderal Pimpinan Tertinggi OPM Papua Menyerahkan Diri

Bosan Dihutan Goliat Tabuni Menyerahkan Diri
Bosan Dihutan Goliat Tabuni Menyerahkan Diri [google]
Goliat Tabuni Jenderal Pimpinan Tertinggi OPM Papua Menyerahkan Diri : Sejumlah 23 orang anggota Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) lokasi Tingginambut, Puncak Jaya, pimpinan Goliat Tabuni pada akhirnya mengakhiri tindakan angkat senjata melawan aparat. Mereka menyerahkan diri serta mau hidup laiknya orang-orang Indonesia yang lain.

 " ke-23 gerombolan Kelompok saparatis bersenjata pimpinan Goliat Tabuni itu ingin turun gunung ke daerah Tingginambut beserta anak serta istrinya, mereka telah mengerti serta mau kembali jadi WNI bakal kita terima, " kata Kasdam XVII/Cendrawasih, Brigjen TNI Tatang Sulaiman, waktu bertandang di Tingginambut, Senin (23/3/2015).

Di hadapan Kasdam, perwakilan ke-23 orang itu mengemukakan hasrat mereka supaya bisa dibangunkan 8 unit Honai (rumah orang-orang setempat) juga sebagai rumah mereka.
Merekapun mengemukakan supaya di Tingginambut selekasnya didirikan Pos Koramil.

 " Bapak serta Pos Ramil tak bisa ditarik. Hingga mati mesti disini, " tutur Goliat Tabuni.

Mendengar keinginan itu, Brigjen TNI Tatang menyebutkan keinginan itu bakal di sampaikan pada pemerintah daerah, dalam soal ini Bupati Puncak Jaya. Sesaat keinginan supaya di bangun Pos Ramil telah diperhitungkan oleh Kodam. Tetapi untuk Danpos Ramil mesti memerhatikan perputaran kepemimpinan.

 " Saya bakal berikan keinginan bapak-bapak. Pembangunan Pos Ramil telah kami rencanakan, tetapi untuk keinginan serta Pos Ramil supaya tidak ditarik, itu kita mesti memperhatika perputaran jabatan, 'imbuh Kasdam.

Selesai berdialog dengan orang-orang, Kasdam beserta rombongan berdialog dengan prajurit serta meninjau kehadiran pos TNI yang ada di Tingginambut.

Goliath Tabuni sampai kini di kenal juga sebagai Panglima Tentara Pembebasan Nasional (TPN) - Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang bermarkas di Tingginambut Puncak Jaya, Papua. yang padatanggal 11 Desember 2012 dia dilantik jadi Panglima Tinggi TPN-OPM dengan pangkat Jenderal Goliat Tabuni berbarengan dengan proses pelantikan, Wakil Panglima TPN-OPM, Letjen Gabriel Melkizedek Awom, Mayjen Terianus Satto, Kepala Staf Umum TPN-OPM.

Pelantikan ini sesuai sama KTT TPN-OPM sudah sukses dikerjakan di Markas TPN Perwomi Biak, Papua dari tanggal 1 sampai 5 Mei 2012. Pelantikan itu di hadiri 500 pengikut TPN-OPM serta ditandai dengan tembakan anggota TPN-OPM, yang menyatakan Goliat Tabuni juga sebagai pemimpin perjuangan kemerdekaan Papua Barat.

Bahkan juga sepanjang kepemimpinannya juga sebagai Jenderal OPM, beberapa puluh anggota TNI/Polri di lokasi Puncak Jaya itu jadi korban penembakan serta pembantai grup itu.

Berita terbaru lainnya :