Nasib Terkini Rohingya : Malaysia, Thailand dan RI Sepakat Tampung Imigran

Nasib Terkini Imigran Rohingya
Nasib Terkini Imigran Rohingya [foto:okezone]
Nasib Terkini Rohingya : Malaysia, Thailand dan RI Sepakat Tampung Imigran : Beberapa pengungsi Rohingya dapat bernafas lega. Sesudah lakukan pertemuan sepanjang empat jam, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, Menlu Malaysia Anifah Aman, serta Menlu Thailand Tanasak Patimapragon setuju untuk memberi pertolongan kemanusiaan pada beberapa pengungsi Rohingya.

“Indonesia, Malaysia, Thailand, sudah setuju untuk meneruskan sediakan pertolongan kemanusiaan untuk sekira 7. 000 pengungsi Rohingya yang masih tetap terombang-ambing di lautan, ” tutur Menlu Anifah Aman, mewakili tiga negara dalam suatu pernyataan berbarengan, dikutip okezone.com.

“Kami juga setuju untuk tawarkan tempat penampungan sesaat, dengan catatan sistem pemulangan mereka (Rohingya) nanti bakal dikerjakan dalam setahun oleh komune internasional, ” lanjut Menlu Anifah Aman.

Menlu Anifah Aman memberikan, sekarang ini belum ada tempat khusus tempat penampungan sesaat untuk pengungsi Rohingya. Tetapi, ia meminta pihak internasional ikut serta sediakan keperluan yang dibutuhkan beberapa pengungsi, misalnya pertolongan finansial serta kemanusiaan

Pada awal mulanya, Pemerintah Malaysia serta Thailand pernah menampik untuk terima beberapa pengungsi Rohingya. Tetapi, derasnya tekanan UNHCR (Tubuh PBB yang mengatasi permasalahan pengungsi) bikin Malaysia serta Thailand mengadakan pertemuan berbarengan Indonesia untuk mengulas permasalahan pengungsi Rohingya.

Rohingya adalah grup Muslim minoritas di negara sebagian besar umat Buddha, yaitu Myanmar. Umumnya dari mereka tinggal di lokasi barat negara sisi Rahkhine yang berdekatan dengan Bangladesh.

Golongan Rohingya tak disadari oleh pemerintah Myanmar juga sebagai grup etnis resmi. Pemerintah Myanmar juga menampik kependudukan mereka. Mengakibatkan, banyak dari pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar untuk mencari tempat menetap di negara-negara di lokasi ASEAN.

Berita terbaru lainnya :