Gunung Soputan Meletus Lagi Beberapa Kecamatan di Minahasa Hujan Debu

Letusa Gunung Soputan Minahasa
Letusa Gunung Soputan Minahasa
Gunung Soputan Meletus Lagi Hujan Debu di Beberapa Kecamatan Minahasa : Beberapa kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara, SulUt, dihujani debu campur air disebabkan letusan Gunung Soputan, Sabtu (7/3/2015).

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Soputan, Sandi Monengkey, menuturkan bahwa letusan Soputan berlangsung pada jam 17. 09 Wita dengan tinggi kolom letusan 4. 500 mtr. serta cenderung ke arah tenggara.

 " Dari letusan tadi juga teramati awan panas ke arah Barat dengan jarak luncuran lebih kurang 2. 500 mtr., " tutur Monengkey.

Disamping itu, Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Yopi Mokodaser menyampaikan, terdapat banyak lokasi di Mitra yang terserang efek letusan tadi.

 " Di Tombatu berlangsung hujan becek. Sebagian kendaraan yang terparkir tampak dipenuhi becek yang datang dari debu vulkanis yang bercampur air, 'tutur Mokodaser.

Juga di Tombatu, hujan abu dilaporkan berlangsung di Pasan, serta pusat Kabupaten Mitra, Ratahan. BPBD Mitra bakal lakukan pembagian masker serta verifikasi efek letusan pada Minggu (8/3/2015) besok.

 " Kami bakal selekasnya turun untuk bagikan masker pada warga yang ada di lokasi terserang hujan debu serta lakukan verifikasi efek letusan, supaya selekasnya diakukan, " kata Mokodaser.

Berita terbaru Lainnya :