Sejarah Awal Mula Munculnya Fenomena Meme

Meme Kocak lucu
Meme Kocak
Sejarah Awal Mula Munculnya Fenomena Meme : Meme (dibaca mim) beredar di jejaring sosial dari satu rekan ke rekan yang lain. Jadi popular lantaran meme dapat jadi bahan lelucon, sindiran, ekspresi perasaan pemakai didunia maya.

Karena sangat populernya serta terlihat mewabah, meme bahkan juga dapat di ciptakan sendiri lewat situs. Situs Livememe.com sangat mungkin pemakai bikin meme dengan gampang, yaitu dengan cuma pilih gambar lalu menyertakan teks ukuran besar.

Bagaimanakah meme ini dapat booming di internet serta asal usulnya? Wikipedia menerangkan, internet meme adalah kesibukan, rencana, slogan atau sisi dari media yang menebar.

Meme juga disimpulkan juga sebagai inspirasi, tingkah laku atau style yang menebar dari satu orang ke orang lain. Internet meme mengambil memiliki bentuk dalam suatu gambar, hyperlink, video, situs, atau hashtag.

Meme internet menebar di jejaring sosial, situs (blog), e-mail atau sumber berita. Pada 2013, Richard Dawkins, seseorang penulis buku The Selfish Gene (1976) mencirikan meme internet juga sebagai kreatifitas manusia.

Tak cuma untuk bahan guyonan, meme internet dapat juga jadi kiat pemasaran oleh pengiklan, profesional marketing dan public relations. Mereka dapat menggunakan meme internet untuk membuat pemasaran gerilya atau 'viral marketing' untuk product atau service mereka.

Meme yang beredar biasanya menghadirkan tokoh atau ciri-ciri muka 2D yang di ciptakan. Di ambil dari beragam sumber, seseorang ilustrator Matt Oswald mengunggah 'rage comic' dengan muka Me Gusta ke situs 4chan serta Reddit pada 18 Maret 2010.

Pada Desember 2010, tema tunggal situs (blog) Me Gusta Face nampak serta diisi komik pendek. Pada Mei 2012, komik muka Me Gusta makin popular serta terwujud beberapa ribu komik rage Me Gusta yang dapat diketemukan di situs Tumblr, Memebase dan Reddit.

Terkecuali Me Gusta, ada Troll Face yang disebut meme berbentuk muka yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini adalah Whynne (user DeviantART). Diluar itu ada meme Bitch Please yang menghadirkan gambar tertawanya pebasket Yao Ming. Pebasket asal China itu tengah tertawa waktu jumpa pers pada Mei 2009.

Berita terbaru lainnya: