4 Desa di Kecamatan Serano Sumbawa NTB Diterjang Banjir Bandang

Banjir Bandang Serano Sumbawa NTB
Ilustrasi Banjir Bandang Serano Sumbawa NTB
4 Desa di Kecamatan Serano Sumbawa NTB Diterjang Banjir Bandang : Hujan deras serta air kiriman dari hulu mengakibatkan sejumlah 1. 637 kepala keluarga mengungsi dari banjir bandang di Sumbawa.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data serta Info Jalinan masyarakat badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengemukakan ada desakan rendah di seputar Australia mengakibatkan banyak massa hawa yang ditarik ke lokasi itu.

Keadaan itu mengakibatkan hujan lebat banyak berlangsung di Jawa Timur, Bali, serta Nusa Tenggara dalam tiga hari paling akhir. Banjir serta longsor berlangsung di banyak wilayah.

Pada Jumat malam (20/2/2015), seputar jam 21. 00 WIB berlangsung banjir bandang di empat desa yakni Desa Labuan Jambu, Banda, Labuan Pidang, serta Batu Lanteh. Semuanya ada di Kec Serano, Kab Sumbawa NTB.

Banjir mengakibatkan 500 KK di Desa Labuan Jambu mengungsi, di Desa Labuan Pidang sejumlah 150 KK, Desa Banda 387 KK, serta Desa Batu Lanteh 500 KK.

Berdasar pada kerugian materil, sejumlah enam unit rumah di Labuan Jambu, empat rumah di Batu dua rumah di Banda, Lanteh rusak berat.

Diluar itu, satu tiang listrik rubuh, tanggul sungai Labuan jambu jebol sedalam 30-40 Mtr., serta mesin pompa air PDAM rusak.

Fasilitas beribadah terendam, tiga unit Sekolah Basic terendam, satu unit motor tenggelam, satu ekor sapi serta satu ekor kerbau tenggelam.

Beberapa ratus hektere sawah terendam, jalan Kabupaten serta jl Lingkar Rusak Berat. Tidak cuma itu banyak gelondongan kayu masuk rumah warga, serta listrik juga padam.

Berita Lainnya :