HARGA PERTAMAX PLUS MALAYSIA LEBIH MURAH DARI PREMIUM DI INDONEISIA

SPBU pertamina
SPBU pertamina
HARGA PERTAMAX PLUS MALAYSIA LEBIH MURAH DARI PREMIUM DI INDONEISIA : Saya baru dengar kabar katanya Kemarin Senin 1 Des 2014, Malaysia sudah mencabut subsidi untuk Bahan Bakar Minyak  type RON95 kalo di Indonesia itu sama dengan Pertamax Plus, Dengan kata lain harga Pertamax Plus nya malaysia sekarang tidak menggunakan subsidi alias harga mengikuti pasar minyak dunia.

Ironisnya karena sekarang minyak dunia lagi turun bin nyungsep, jadi ya otomatis lah harga Pertamax Plusnya malay juga ikut turun yang tadinya  4 sen ringgit malaysia jadi 2, 26 ringgit malaysia atau kalo di rupiahkan sekitar Rp 7. 900 per liter. Dibanding dengan harga BBM Indonesia, harga ini sangatlah murah bahkan lebih murah dari BBM Premium. 

Di Indoneisa BBM dengan kelas yang sama yakni Pertamax Plus di jual dengan harga Rp 11. 600/liter. Bahkan juga lebih murah dibanding BBM Premium yang harga nya saat ini Rp 8. 500/liter. Walau sebenarnya, Premium yaitu BBM type RON88 yang masih tetap disubsidi pemerintah. 

Sebenarnya, Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri meminta PT Pertamina (Persero) buka komponen harga BBM. " Di buka seluruhnya ini berkenaan dengan ongkosnya, " tuturnya. 

Apabila seluruhnya data ini diperoleh, Faisal menyampaikan, pihaknya dapat lakukan pembandingan dengan cost di negara lain. Hingga di masyarakat tak berlangsung perbincangan masalah harga BBM yang diputuskan oleh Pertamina. 


" Pemerintah mesti minta Pertamina untuk buka, " tutur Faisal.