Gambar Foto Video Gerhana Matahari Total Rabu 09 Maret 2016

Gambar Foto Video Gerhana Matahari Total Rabu 09 Maret 2016 : Gerhana Matahari total bakal melintas di 12 propinsi di Indonesia pada 9 Maret. Indonesia adalah negara hanya satu yang bisa nikmati Gerhana Matahari total. Selama ini fenomena Gerhana Matahari total kerapkali dihubungkan dengan kebutaan, apakah itu benar? lantas bagaimana melihat dengan aman?

gambar foto video gerhana matahari total rabu 9 maret 2016
Gambar gerhana matahari total
Apakah itu gerhana matahari? 
Gerhana matahari adalah momen dimana posisi Bln., Matahari serta Bumi sejajar serta ada pada garis lurus.

Waktu itu Bln. bakal melintas di antara Matahari serta Bumi, untuk sebagian waktu sinar Matahari ke Bumi bakal terhambat bayangan Bln.. Saat fase total itu terjadi bln. menutupi Matahari, bakal terlihat corona Matahari bakal terlihat seperti menjulur dari tepi sisi yang ditutupi Bln..

Proses terjadinya gerhana Matahari Total.
Foto Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari bisa diliat dimana saja? 
Gerhana matahari total pada 9 Maret yang akan datang bakal terjadi di Samudra Hindia serta selesai di Lautan Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia adalah hanya satu negara yang bisa nikmati gerhana Matahari total di lokasi daratan.

Di Indonesia gerhana matahari total bakal melewati 12 propinsi ; dari mulai Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate serta Maba). Namun jalur totalitas gerhana gak lewat semua kota di propinsi.

Untuk Anda di luar lokasi itu bisa nikmati gerhana Matahari walau gak total yakni Medan (77, 6%), Denpasar (76. 44%), Makassar (88, 54%), Jayapura (73. 79%). Sesaat untuk Anda di Jakarta serta pulau Jawa bakal melihat gerhana matahari sekitaran 50-60 %.

Negara- negara di lokasi Asia Tenggara dapat juga nikmati gerhana matahari beberapa. 

Pemantauan Gerhana Matahari memerlukan keadaan cuaca yang cerah serta tempat dengan jangkauan pandangan yang luas, tanpa ada terhambat gedung yang tinggi serta pohon-pohon yang lebat. Yang paling pas yaitu di lapangan terbuka serta di pinggir pantai.

Kapan gerhana matahari mulai terjadi? 
Gerhana Matahari bakal terjadi selama dua hingga tiga jam. Namun Gerhana Matahari meraih fase penuh cuma selama satu 1/2 hingga tiga menit. Di lokasi sisi barat Indonesia gerhana mulai terjadi pagi hari, mulai jam 06. 20 WIB, serta meraih puncak gerhana pada 07. 25 WIB. Gerhana Matahari bakal selesai pada jam 08. 35 WIB.

Sesaat di lokasi tengah Indonesia Gerhana Matahari total bakal terjadi pada jam 07. 25 WITA, serta lokasi timur pada 08. 36 WIT.

Berapakah lama gerhana matahari total terjadi? Di lokasi sebagai pusat jalur gerhana, fase gerhana matahari total bakal terjadi di Seai, Pulau Pagai Selatan Sumatera Barat, selama 1 menit 54 detik, serta yang paling lama yakni di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, yakni 3 menit 17 detik. Lantas selesai di Samudra Pasifik serta Papua Nugini, selama 4 menit 9 detik.

Apakah sinar matahari waktu gerhana menyebabkan kebutaan? 
Menurut Kepala Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, melihat gerhana matahari total bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos moderen. Yang benar yaitu sinar Matahari keseharian serta saat gerhana keduanya sama beresiko, karenanya janganlah melihat Matahari dengan cara langsung karena bisa membahayakan mata, yakni retina bisa rusak.

Apabila Anda memandang cahaya matahari dengan periode waktu yang lama bakal menyebabkan rusaknya pada retina yang dimaksud dengan solar retinopathy. Gejalanya yaitu titik-titik hitam pada pandangan mata Anda, serta itu susah untuk dipulihkan.

Pemicunya bisa jadi saat fase total waktu gerhana Matahari total terjadi, pupil mata jadi membesar untuk menangkap sinar sebanyak-banyaknya karena situasi yang gelap. Namun saat fase total selesai serta bln. mulai berubah, sinar matahari bakal jelas kembali serta waktu itu yang membahayakan mata.

Bagaimana caranya melihat Gerhana Matahari dengan aman? 
Anda bisa nikmati gerhana Matahari dengan memakai kacamata spesial yang bisa mereduksi sinar hingga 100. 000 kali.

Diluar itu proyeksi lubang jarum bisa dipakai untuk melihat gerhana Matahari total. langkah membuatnya ; siapkan dua kertas HVS lantas lubangi satu diantaranya dengan jarum. Lalu tempatkan sejajar, satu menghadap Matahari, Anda bakal melihat pantulan matahari dibagian kertas yang lain.

Saat fase total terjadi, gerhana bisa diliat dengan mata telanjang, namun cuma sebagian menit saja.

Alat lain yang bisa dipakai untuk melihat gerhana yakni kacamata hitam atau rol film untuk photo, serta sisa photo rontgen dan sisi dalam disket. Namun butuh diingat alat-alat itu cuma bisa dipakai untuk melihat gerhana dengan waktu yang gak sangat lama.

Langkah lain yang bisa dipakai yaitu melihat pantulan matahari didalam ember maupun kolam.

Atau yang paling aman Anda bisa melihat siaran langsung gerhana Matahari total lewat website internet, diantaranya punya Observatorium Boscha Bandung.

Apa bisa selfie saat Gerhana Matahari total
Tips untuk melihat gerhana serta berfoto selfie waktu gerhana matahari sama juga, tidak bisa melihat dengan cara langsung. Saat gerhana Matahari meraih fase total, adalah waktu yang aman melihat dengan cara langsung, namun mesti diingat itu cuma terjadi selama satu 1/2 hingga tiga menit saja.

Melihat gambar matahari di monitor hp gak beresiko, sebagai kekhawatirannya yaitu saat orang melihat matahari dengan mata telanjang waktu mengatur komposisi photo.

Kapan Gerhana Matahari total terjadi lagi di Indonesia? 
Gerhana Matahari total beberapa kali sudah terjadi di lokasi Indonesia selama sebelum 2016, yakni 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, serta 11 Juni 1983.

Gerhana Matahari total bakal kembali terjadi di Indonesia pada 20 April 2042 serta 12 September 2053.

Namun lokasi Indonesia bakal dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin serta total dengan cara berbarengan pada 20 April 2023 serta 25 November 2049. Baca Juga Misteri Kapal Revalia 2 Tenggelam, Bocah Dirantai Kakeknya Sampai Aksi Polisi Mengejar Mobil Cary