Murid SD Keracunan Masal di Cigantang Mangkubumi Tasikmalaya

Keracunan Masal SDN Cigantang Mangkubumi, Tasikmalaya
Keracunan Masal SDN Cigantang Mangkubumi, Tasikmalaya
Murid SD Keracunan Masal di Cigantang Mangkubumi Tasikmalaya : Pemicu keracunan massal yang dihadapi 117 siswa SDN Cigantang 1 serta 2, Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada waktu lalu dikarenakan kandungan bakteri tinja. Hal itu berdasar pada hasil laboratorium mikrobiologi Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya pada 30 sampel makanan.

Dari hasil laboratorium di ketahui, bahan makanan yang di jual oleh pedagang memiliki kandungan bakteri ecoli, bakteri staphylococcus, bakteri bacillus coagulans, jamur candida albicans serta jamur scandida sp.

Kepala Bagian Pencegahan Penyakit serta Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Didin Fitriyadi menyampaikan terdapat banyak bahan makanan yang di jual pedagang tercemar bakteri serta jamur.

Seperti pada baso ada kandungan jamur candida albicans, jamur candida sp pada saus, pada kecap ada bakteri bacillus coagulans serta ecoli pathogen pada baso mentah terdapat bakteri staphylococcus.

 " Bakteri serta jamur itu ada kotoran-kotaran, umpamanya staphylococcus itu ada di keringat serta jerawat, ecoli ada di tinja, " katanya.

Menurut Didin, dengan cara kimiawi, bahan makanan yang dikomsumsi siswa SD itu itu ada nitrit yang umumnya ada pada urin.

 " Jadi terang pemicu keracunan itu, pedagang ini tak melindungi kebersihan dalam pembuatan bahan makanan dengan kata lain personal hygieneus pedagang sangatlah jelek, " tuturnya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Noffan Widyayoko menyampaikan hasil laboratorium dari Dinas Kesehatan sudah diambil kesimpulan keracunan massal itu disebabkan bahan makanan yang tercampur kuman atau bibit penyakit diare.

 " Keracunan itu berlangsung lantaran ada kelalaian dari penjual makanan yang bikin bahan adonan. Tetapi, tak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa itu. " pungkasnya.

Berita Lainnya :