Salman bin Abdulaziz Al Saud Menjadi Raja Arab Saudi Setelah Abdullah Meninggal Dunia

Raja Arab Saudi Meninggal
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud Arab Saudi
Salman bin Abdulaziz Al Saud Menjadi Raja Arab Saudi Setelah Abdullah Meninggal Dunia : Raja Arab Saudi Abdullah, 90, meninggal dunia pada Jumat (23/1) pagi, diketahui ahad setelah diberitakan masuk rumah sakit lantaran pneumonia.

Raja Abdullah, yang lahir pada 1923, sudah naik takhta mulai sejak 2006, tetapi dengan cara de facto ia berhasil memerintah seputar satu dekade sebelumnya lantaran pendahulunya Raja Fahd menanggung derita stroke.

Adiknya Salman, yaitu yang bakal naik takhta menukar Raja Abdullah.

 " Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud serta seluruhnya anggota keluarga serta semua bangsa berkabung atas kepergian Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang wafat pas di jam 1. 00 awal hari, " catat pernyataan dari istana.

Itu bermakna nasib Saudi yang disebut sekutu paling utama Amerika Serikat di Arab saat ini ada di tangan Raja Salman.

Raja Salman, berumur 79 th., yaitu putra mahkota serta menteri pertahanan mulai sejak 2012. Pada awal mulanya ia menjabat gubernur propinsi Riyadh sepanjang lima dekade.

Sesudah Raja Abdullah meninggal dunia, Salman telah menunjuk saudaranya Muqrin juga sebagai pakar waris.

Raja Salman sudah jadi sisi dari grup pangeran yang berkuasa di Arab sepanjang beberapa puluh th. serta diprediksikan selalu meneruskan kebijakan strategis Saudi, termasuk juga menjaga aliansi dengan Amerika Serikat serta bekerja menuju kestabilan pasar daya yang saat ini tengah anjlok.

Sepanjang lima dekade juga sebagai gubernur Riyadh ia konon mahir mengelola keseimbangan jalinan antar ulama, suku-suku Arab dan bangsawan Arab sembari menjaga jalinan baik dengan Barat.

Dalam periode panjang, Salman bakal hadapi tantangan dalam menanggulangi populasi masyarakat yang tumbuh cepat dan angka pengangguran yang bertambah, juga masalah ekonomi yang masih tetap terlampau bergantung pada pendapatan minyak serta besarnya subsidi.

Arab Saudi, yang memegang kian lebih seperlima minyak mentah dunia, juga mempunyai dampak luas atas 1, 6 miliar Muslim dunia melalui perwalian atas Mekkah serta Madinah, Ka'bah suci Islam.

Keluarga besar anggota senior kerabat al-Saud yang berkuasa diberitakan mensupport posisi Arab Saudi yang sama dalam soal kebijakan luar negeri, tetapi inginkan menteri-menteri baru berkenaan keuangan serta minyak dan yang bakal memegang jumlah juga sebagai kepala pemerintahan.

Ikuti perkembangan berita tentang Salman bin Abdulaziz Al Saud Menjadi Raja Arab Saudi Setelah Abdullah Meninggal Dunia di sini