GOOGLE ENTERPRISE SEGERA HADIR DI JAKARTA

Basuki Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama
GOOGLE ENTERPRISE SEGERA HADIR DI JAKARTA : Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin menjadikan Jakarta sebagai  smart city . Untuk wujudkan hal semacam itu, Pemprov DKI Jakarta katanya bakal menggandeng beberapa perusahaan tehnologi serta memperluas kerja sama dengan Google. Bahkan katanya, orang nomer satu di Jakarta itu siap mengucurkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk beli Google Enterprise.

" Murah, kita hanya habis Rp 3 miliar, kita beli Google Enterprise. Kita up-date selalu dari Google. Kita beli (Google) Map-nya itu Rp 3 miliar. Selama-lamanya mempunyai kita. Jadi, tidak ada lagi keluar uang, seluruhnya kesibukan terlihat seluruhnya, " tutur Basuki, di Balaikota, Selasa (2/12/2014).

" Kami yakin Jakarta bakal jadi smart city pertama di Indonesia. Beberapa besar ruang bakal diliputi fiber optik. (Jaringan) 4G telah bakal mulai serta Jakarta akan dilengkapi banyak CCTV, " tuturnya lagi.

Nanti, kata Basuki, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta harus " melek " smartphone dalam rencana mendorong Ibu Kota jadi smart city. Beberapa petinggi Pemprov DKI Jakarta juga disuruh memakai aplikasi spesial serta mesti melaporkan aktivitas mereka /hari.

" Terkecuali berperan juga sebagai alat merespons laporan warga dengan cara real time, aplikasi ini dapat mempermudah untuk mencari posisi beberapa pegawai hingga tidak dapat mangkir dari pekerjaan, " ucapnya.

Basuki juga mencanangkan jaringan 4G untuk CCTV di Jakarta. Gagasannya bakal dipasang sejumlah 3. 000 CCTV di ruas jalan paling utama Ibu Kota. " Nanti, seluruhnya kesibukan pegawai, ambulans, pemadam, alat berat kami, seluruhnya dapat di-tracking. Dia kerja dimana serta jam berapakah. Orang-orang dapat bantu (awasi), " katanya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika serta Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta Agus Bambang S memberikan, nanti bakal ada sosialisasi pemakaian aplikasi buatan lokal bernama Qlue yang dapat di-download di Google PlayStore.

" Ini aplikasi untuk pelaporan warga. Umpamanya, anda motret sampah, terkirim infonya beserta tempat. Beberapa pegawai kami juga mempunyai aplikasi spesial untuk terima laporan. Nah, saat itu nampak, segera direspons. Petugas yang ada di lokasi paling dekat mesti segera bergerak, " tuturnya.

Ia memberikan, seluruhnya lurah di Jakarta bakal dihimpun pada 12 Desember yang akan datang untuk menyosialisasikan pemakaian aplikasi Qlue. " Kami membidik Januari th. depan seluruhnya telah memakai aplikasi ini, " katanya.