APA BENAR HUTANG NEGARA KITA BESAR?

hutang negara
Saya seringkali melihat artikel tentang utang negara yang sekian ember besarnya, dan artikel itu mengatakan cara melunasi utang negara dengan rumus "total utang di bagi jumlah rakyat dan nanti tiap rakyat dapet sekian rupiah" (tepok jidat).

Banyak yang salah kaprah tentang utang negara sampe  ada yang bilang kemaren menaikan harga BBM untuk bayar utang?, jika benar ini alasan utama , saya bilang salah besar .

eits,,, tunggu dulu bos trus salahnya di mana ? begini ya juragan yang budiman, jika kita menghitung utang negara secara bulet tentu itu sebuah beban yang besar, bagaimana tidak total utang negara mencapai  US$257 miliar atau sekitar 2.000 triliun.

Gede kan utang negara kita ?ya gede lah orang yang di tulis di artikel-ertikel gak jelas itu total utang gabungan dari utang negara dan utang swasta, apa swata yang naggung rakyat juga ?

masalah utang negara ente semua jangan khawatir itu utang gak bakalan di bagi-bagi kaya rumus di atas ko, kenapa? karena utang segede gitu cuma sekitar 20% dari PDB Indonesia, wih,,,,,, indo kaya dong, ya pendapatan indo sekarang memang sangat kaya GDP indonesia mencapai $ 868,3 miliar dan masuk dalam jajaran G20 yang artinya 20 negara dengan kekuatan ekonomi dunia, posisi indonesia ada di peringkat 10 sebagai negara berkantong tebal di bawah India (masuk sini untuk jelasnya tentang G20)

"Bentar bro saya masih belum faham tentang utang di atas,, Ok kita ambil satu ilustrasi,, di katakan ada 2 orang penghutang yang satu pengusaha yang satu petani,, si pengusaha punya hutang 100 juta dan si petani punya utang 10 juta, apa kehidupannya lebih senang si petani karena utangnya kecil? tentu tidak bos,,,, si pengusaha walau dia punya hutang besar tapi aset dan penghasilan dia juga besar.

Jelas kan? sekarang jangan pusing-pusing mikir utang negara.