Bali dan Mataram Terkena Dampak Gempa Flores Timur

Gempa Flores Timur
Gempa Flores Timur
Bali dan Mataram Terkena Dampak Gempa Flores Timur : Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) menginformasikan bahwa gempa 7, 1 taraf richter (SR) yang ada 104 km barat laut Flores Timur, dirasa sampai ke Kupang. Bahkan juga ke sebagaian lokasi Mataram serta Bali. [Baca : 7,1 SR Gempa Mengguncang Flores Timur Tidak Berpotensi Tsunami]

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB menyampaikan posko BNPB sudah mengonfirmasi efek gempa pada BPBD serta berdasar pada peta gempa dirasa di banyak wilayah timur Flores Timur sisi utara mempunyai intensitas IV-V (tengah).

“Guncangan gempa juga dirasa tengah di Sikka serta Kupang. Orang-orang di Kabupaten Flores Timur, Kota Mataram serta beberapa Bali rasakan guncangan gempa lemah, " katanya lewat pesan pendek yang di terima Usaha, Jumat (27/2/2015).

Menurut dia, belum ada laporan rusaknya serta korban jiwa serta keadaan orang-orang sudah normal kembali. Sutopo memberikan, tempat gempa adalah zona sesar aktif yang ada di samping utara Pulau Flores.

Besar itu, sambungnya, alami perpanjangan sampai di samping timur laut Bali yang di kenal juga sebagai Flores back arc thrust (sesar naik belakang busur kepulauan Flores).

Kesibukan dari sesar naik belakang busur kepulauan inilah yang mengakibatkan gempa bumi juga banyak berlangsung di utara kepulauan Sumbawa sampai Flores.

Ancaman gempa bumi di lokasi NTT ada di selatan ataupun utara. Distribusi gempa bumi yang berlangsung di selatan Sumbawa serta sekitarnya adalah disebabkan kesibukan di zona sub duksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia.

Sedang, dibagian utara yaitu gempa dari kesibukan sesar aktif Flores back arc thrust. Karenanya, Sutopo mengimbau agar orang-orang selalu untuk tingkatkan kewaspadaannya.

 " Gempa bumi tidak bisa diperkirakan kapan serta di mana dengan cara juga bakal berlangsung, " katanya.

Berita terbaru lainnya :
Longsor Salju Melanda Afghanistan 186 Orang Dilaporkan Tewas
Cara Unik Cek Keaslian Batu Akik Dengan HP
Madu Asli Hitam Pahit Propolis Alami