Ini Dia Gunung Sinabung Kembali Meletus

letusan gunung sinabung
Gunung Sinabung Kembali Meletus
Ini Dia Gunung Sinabung Kembali Meletus : Gunung Sinabung kembali meletus pada hari Sabtu, 3 Januari 2015, dibarengi awan panas yang menyebar empat km. ke arah selatan. Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Info serta Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), , menyampaikan letusan berlangsung pada jam 08 : 33 - 09:19 WIB. ' Tak ada penambahan untuk pengungsi akibat letusan ini, ' Sutopo menjelaskan

Berdasar pada laporan Pusat Vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi, waktu siang tadi terhitung 24 kali awan panas dari puncak ke arah selatan dengan tinggi abu sekitar 500-3. 000 mtr.. Sutopo menyampaikan status terus siaga. Hujan abu, kata dia, berlangsung di Desa Payung, Tiganderket, Selandi, Juhar, serta Laubaleng.

Selama ini, kata Sutopo, jumlah pengungsi ada 2. 443 jiwa atau 795 kepala keluarga yang diletakkan di tujuh titik pengungsian. Sutopo menanggung semua kebutuhan pengungsi terpenuhi. 'Petugas dari BPBD & TNI juga terus melakukan patroli selama jalur sungai Lau Borus untuk antisipasi ancaman banjir lahar dingin, " tuturnya.

Disamping itu, pembangunan 50 unit rumah di lokasi Siosar untuk relokasi untuk warga Desa Sukameriah, Bekerah serta Simacem sudah sukses dikerjakan. Begitupun pembangunan jalan menuju tempat tempat tinggal terus. Pada 2015, bakal dilanjutkan pembangunan 320 unit rumah serta sarana umum yang lain.

Sutopo mengingatkan pemerintah daerah, terutama Bupati Karo agar lakukan rencana serta implementasi relokasi warga dengan baik. "  Jangan sempat nanti warga kembali lagi ke tempat asal, " tuturnya. " Butuh jaminan bahwa warga bakal beroleh kehidupan yang tambah baik ditempat baru. "

Belum ada berita tentang korban dan kerugian yang di timbulkan bencana ini.

Berita Terbaru : Ini Dia USS Sampson Kapal Perang Amerika Penemu 21 Korban Air Asia