Lagi Gunung Soputan di Minahasa Erupsi

Gunung Soputan
Gunung Soputan di Minahasa
Lagi Gunung Soputan di Minahasa Erupsi : Gunung Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara kembali meletus, Senin (2/2/2015) awal hari. Menurut Kepala Tubuh Geologi di Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral Surono, erupsi Gunung Soputan berlangsung seputar jam 01. 22 WITA.

 " Dengan ketinggian kolom letusan lk 3500 m diatas puncak, cenderung ke arah Barat Daya, " sekian info tercatat Surono di halaman Facebook-nya.

Menurut Surono, guguran lava teramati ke arah barat. Jarak luncur guguran lava itu seputar lk 2000 mtr..

Surono juga menyampaikan, peringatan awal sudah di sampaikan ke Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah serta Bandara Sam Ratulangi, mulai sejak tempo hari. " Pada 1 Februari 2015 seputar jam 18. 00 WITA, " ucap Mbah Rono, sapaan akrabnya.

Pada awal mulanya, Tubuh Geologi sudah mengambil keputusan Gunung Soputan berstatus Siaga mulai sejak 26 Desember 2014. Berdasar pada penilaian pada Minggu (1/2/2015) mulai sejak 18. 00-24. 00, dengan cara visual tempat di gunung itu masih tetap tampak di pengaruhi cuaca cerah, lalu dibarengi mendung dengan angin bertiup tenang.

Dari barat laut, gunung Soputan tampak samar. Kabut mengakibatkan asap kawah tak teramati. Seputar jam 21. 25 sampai 24. 00, teramati cahaya api diam di puncak Soputan.

Diluar itu, terdaftar juga beberapa gempa disebabkan kesibukan vulkanik gunung Soputan. Terdaftar ada 101 kali gempa vulkanik dalam, 51 kali getaran vulkanik dangkal, 100 kali gempa mengeluarkan asap, 50 kali gempa guguran serta tremor menerus.

Orang-orang telah disuruh tidak untuk melakukan aktivitas dalam radius 6, 5 km. dari puncak Soputan.

Kesibukan vulkanik di Soputan bertambah mulai sejak akhir Desember 2014. Pada 6 Januari 2015, Soputan sempat juga meletus yang bikin sekurang-kurangnya tujuh kecamatan di Minahasa Tenggara (Mitra) terserang abu vulkanis. (Baca : Gunung Soputan di Minahasa Meletus)

Letusan juga berlangsung pada 18 Januari 2015. Waktu itu, tiupan angin ke arah Barat membawa abu Soputan ke lokasi Amurang di Minahasa Selatan.

Ikuti perkembangan berita terbaru Gunung Soputan di Minahasa Erupsi